Daftar Isi

Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Kerusakan gigi disebabkan oleh bakteri di dalam mulut. Bakteri-bakteri tersebut kemudian bercampur dengan air ludah dan terbentuklah plague gigi. Plague adalah lapisan tidak tampak yang melekat di permukaan gigi dan gusi. Setelah makan, makanan yang mengandung gula tertinggal diantara gigi. Zat gula yang tertinggal tersebut kemudian diubah oleh bakteri di dalam plague gigi menjadi asam yang dapat menyebabkan rusaknya email gigi. Asam yang terbentuk juga dapat membuat gusi memerah dan meradang.

Penyakit gigi dapat terjadi pada saat bakteri mengambil tempat di antara gigi. Hal ini dapat menyebabkan pembusukan jaringan gigi dan akhirnya menyebabkan gigi tanggal.

Menjaga peran gigi sangat penting dalam proses pencernaan makanan. Maka menjaga kesehatan gigi merupakan suatu keharusan. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan gigi:
  • Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gula
  • Bersihkan gigi minimal 2x sehari
  • Ganti sikat gigi apabila bulunya sudah rusak
  • Periksa ke dikter gigi tiap 6 bulan sekali

Garam mineral juga sangat berperan dalam menjaga kesehatan gigi, salah satunya adalah fluor. Fluor mampu memperkuat gigi dengan jalan memperkuat lapisan email gigi sehingga menjadi lebih tahan terhadap asam. Di beberapa negara fluor ditambahkan kedalam air minum dan pasta gigi.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

salam kenal juga..
terimakasih atas apresiasinya...

Posting Komentar