Daftar Isi

Apakah Pembelajaran Aktif Itu?

Siswa belajar aktif ketika mereka secara terus-menerus terlibat secara mental & fisik. Dampak pembelajaran aktif adalah penuh semangat, hidup giat, berkesinambungan, kuat dan efektif.

Belajar aktif adalah seni dan cara ideal untuk mengaktifkan beragam indera, mendorong mengekspresikan makna, membangun rasa percaya diri, antusiasme belajar & menguatkan kemampuan dasar kecerdasan (kognitif, emosional atensi dan motorik). Dalam pembelajaran aktif siswa benar-benar merasa terlibat & menjadi bagian dari proses pembelajaran. Setiap pelajaran menyediakan ide-ide untuk menambah langkah-langkah yang bisa diadaptasikan.

Merubah model kerja dari metode tertentu ke strategi-strategi jitu adalah cara baru untuk meragamkan langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran. Belajar aktif melibatkan sesi awal, yaitu rencana & tujuan pembelajaran yang terukur serta sesi akhir yang disebut refleksi untuk mengukur ketercapaian tujuan, apakah siswa benar-benar mengalami "Flow" selama pelajaran berlangsung. Tahapan dalam proses pembelajaran aktif adalah tahapan yang bisa menciptakan "Flow", siswa mengerti & mengacu pada tujuan, mampu membenamkan diri dalam kegiatan belajar, menaruh perhatian pada peristiwa yang terjadi & belajar menikmati pengalaman baru.

0 komentar:

Posting Komentar