Daftar Isi

Cara Mengatasi Rasa Pedas


Bagi anda yang suka dengan makanan pedas, anda bisa senang. Makanan pedas ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita seperti menurunkan berat badan, mencegah kangker, menyehatkan jantung, melancarkan pernapasan, memperbaiki fungsi pencernaan & emngurangi rasa stress. Makanan pedas tidak selalu diolah dengan menggunakan cabai. Rasa pedas juga bisa didapat dari bahan-bahan lain misalnya merica, lada hitam, kunyit, dan berbagai bumbu dapur lainnya.

Namun, jika makan pedas dikonsumsi secara berlebihan, akan memberi efek panas pada mulut. Alhasil kita selalu mencari penawar rasa pedas. Banyak orang yang menetralkan rasa pedas dengan cara minum air putih, tetapi cara itu akan membuat rasa pedas akan semakin menyebar pada mulut. Untuk mengatasi rasa pedas, anda bisa melakukan beberapa tips berikut.

Makan Nasi Hangat
Jika cabai yang anda makan terlalu pedas bagi anda, maka langkah yang paling tepat adalah dengan cara makan beberapa sendok nasi hangat. Butiran nasi dapat menarik rasa pedas dari mulut. Setelah itu, lanjutkan dengan minum air hangat. Hasilnya rasa pedas akan hilang.

Makan Buah Segar
Apabila rasa pedas memberikan efek pusing pada kepala, berarti anda mengalami dehidrasi. Langkah yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan cara memakan buah-buahan segar. Buah-buahan dapat menetralkan rasa pedas dan menghilangkan pusing dikepala. Anda bisa mencampur beberapa potong buah pada hidangan pedas anda, seperti jeruk nipis dan tomat yang diperas langsung pada hidangan pedas. Rasa asam yang terkandung dalam buah tersebut bisa menetralkan rasa pedas dan menjadikan rasa lebih ringan. Selain itu anda juga bisa menggunakan jeruk nipis degan cara dipotong dan langsung dihisap. Cara tersebut dipercaya bahwa air jeruk nipis dapat mendinginkan lidah dari rasa terbakar akibat makanan pedas.

Makan Makanan yang Mengandung Lemak
Makanan lainnya yang bisa mengaasi rasa pedas adalah selai kacang. Selai kacang dapat mengatasi rasa pedas karena mengandung lemak yang dapat menetralkan rasa pedas dimulut. Selain selai kacang, susu dan produk turunannya seperti yoghurt dan keju juga bisa menetralkan rasa pedas. Rasa pedas bisa hilang karena kandungan lemak yang ada pada susu.

2 komentar:

Liestyach's Blog mengatakan...

cara mengatasi peda biasanya makan kerupuk bang........

Unknown mengatakan...

hhahahahahaha......
bisa juga tuch....

Posting Komentar