Daftar Isi

Konsep Belajar Aktif

Apa yang diajarkan kepada siswa dengan sangat cepat terkadang berdampak beda. Siswa bahkan akan lebih cepat melupakan apa yang telah diajarkan kepada mereka. Pembelajaran pasif tak akan mampu menuju makna belajar yang sebenarnya, apalagi tahan lama. Ada beberapa alasan mengapa beberapa siswa cenderung melupakan apa yang mereka dengar. Salah satu alasan yang menarik adalah perbedaan tingkat kecepatan bicara pengajar dengan tingkat kecepatan siswa mendengarkan.

Kita kutip pernyataan Confusius sebagai konsep pembelajaran aktif:
What I hear, I forget (apa yang saya dengar, saya lupa)
What I see, I remember (apa yang saya lihat, saya ingat)
What I do, I understand (apa yang saya lakukan, saya mengerti)

Tiga pernyataan sederhana ini menjadi bobot penting belajar aktif. Pernyataan Confusius dimodifikasi dan diperluas oleh Mel Silberman menjadi apa yang disebut paham belajar aktif:
What I hear, I forget (apa yang saya dengar, saya lupa)
What I hear and see, I begin to understand (apa yang saya dengar dan lihat, saya ingat sedikit)
What I hear, see, discuss, and do, I acquire knowledge and skill (apa yang saya dengar, lihat, diskusikan dan lakukan, saya mendapat pengetahuan dan ketrampilan)
What I teach to another, I master (apa yang saya ajarkan pada orang lain, saya menguasainya)

0 komentar:

Posting Komentar