Daftar Isi

Membedakan Pilek dan Flu

Banyak orang yang mengartikan pilek yang parah sebagai flu atau influenza. Pilek dan flu sama-sama disebabkan oleh virus. Terdapat sekitar 200 jenis virus yang dapat menyebabkan gejala pilek. Sekali terkena virus pilek tertentu, tubuh akan memproduksi antibodi khusus yang membantu mencegah virus yang berhubungan dekat tapi tidak efektif mencegah strain lain yang juga penyebab gejala pilek. Virus pilek sangat menular. Rata-rata orang dewasa menderita pilek 2-3 kali setahun. Anak-anak lebih sering yaitu 6 kali atau lebih dalam setahun.

Flu adalah infeksi serius yang biasanya mempengaruhi saluran pernapasan atas. Gejalanya sama dengan pilek, tetapi lebih parah. Biasanya orang yang terkena flu akan merasa sehat dalam waktu 7-10 hari. Akan tetapi, dalam kasus tertentu ada yang berkembang menjadi penyakit komplikasi, antara lain pneumonia, inflamasi jantung, bahkan toxic shock syndrome (sejenis keracunan darah). Orang-orang tertentu lebih beresiko komplikasi yang disebabkan flu disbanding yang lainnya, yaitu orang yang berusia diatas 65 tahun, orang yang tinggal dirumah tempat virus tersebar dengan cepat, para penderita penyakit paru-paru kronik, penyakit jantung atau ginjal, penyakit diabetes, atau orang yang imunitasnya lemah. Kelompok rentan ini harus mendapatkan vaksinasi untuk influenza dan vaksinasi sejenis bakteri serius yang disebut Pneumococcal pneumonia.

Pemberian antibiotika saat flu atau pilek.
Antibiotika membunuh atau melumpuhkan bakteri dengan 2 cara utama, yaitu dengan membuat lubang pada dinding sel bakteri sehingga bakteri menghisap sangat banyak air dan kemudian sel pecah. Penisilin dan cephalosporins bekerja dengan cara ini. Atau dengan cara kerja seperti tatracyclines, yaitu menghambat produksi protein di dalam bakteri sehingga berhenti tumbuh dam tidak dapat berkembang biak (bereproduksi). Antibiotika tidak dapat membunuh virus karena virus tidak mempunyai dinding sel & tidak memporoduksi protein sendiri. Virus membajak sel-sel manusia uintuk membuat protein bagi mereka. Jika kamu pilek atau flu, jangan minta dokter untuk memberikan resep obat antibiotika. Keduanya disebabkan oleh virus sehingga tidak bias diatasi dengan obat antibiotika. Antibiotika membunuh bakteri jahat tetapi juga membuat bakteri baik ikut terbunuh. Jika kamu memerlukan antibiotika, minumlah suplemen probiotik yang mengandung bakteri pencernaan yang ramah. Suplemen probiotik ini sudah banyak dijual dipasaran.

0 komentar:

Posting Komentar