Daftar Isi

Potensi Biji Kopi Lepas Sel Kulit Mati

Kandungan kafein pada kopi ternyata tidak selalu memiliki dampak buruk. Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan kafein bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit rusak. Terutama akibat sengatan sinar ultraviolet yang merupakan salah satu penyebab beragam kangker kulit.

Jenis kangker kulit nonmelanoma yang jarang mengakibatkan kematian paling sering menghampiri manusia. Salah satu faktor utama kangker tersebut adalah paparan sinar ultraviolet. Efek yang ditimbulkan adalah kerusakan struktur DNA pada sel kulit.

Karena perubahan struktur DNA tersebut, sel-sel kulit yang rusak akan bermutasi menjadi kangker. Sebuah studi dilakukan terhadap 90 ribu perempuan Kaukasia. Penelitian itu menemukan setiap cangkir kopi berkafein yang diteguk perempuan bisa menurunkan resiko 5% terserang kangker kulit nonmelanoma.

Namun, salah seorang anggota tim peneliti, Paul Nghiem dari Universitas Washington, Amerika Serikat, tidak terlalu gegabah mengungkapkan hasil itu. Dia belum mengetahui secara pasti bagaimana kafein bisa mencegah kangker.

0 komentar:

Posting Komentar