Daftar Isi

Apakah "Flow" itu?

Flow adalah keadaan sadar yang didalamnya seseorang bisa betul-betul terbenam dalam sebuah aktivitas secara total melibatkan seluruh panca indera sehingga dia tidak merasakan waktu berlalu.

Untuk dapat merasakan flow seseorang harus mencurahkan energi mental dan emitional tambahan. Kehidupan yang dipenuhi dengan pengalaman flow yang menarik akan jauh lebih berharga daripada kehidupan yang dihabiskan untuk menikmati kesenangan secara pasif.

Tujuan jangka panjang bagi siswa yang mengerti & menalami flow adalah mereka berkesempatan besar memenuhi semangat yang bisa mengarahkan mereka untuk mengusahakan tercapainya tujuan & cita-cita. Siswa yang mengalami flow akan sanggup belajar sepanjang masa & lebih mau mengambil kesempatan, teguh dalam menghadapi tantangan, sanggup mengatasi ketakutan, kekhawatiran & kesulitan. Dengan memanfaatkan kekuatan flow yang mereka miliki, siswa akan mampu menikmati kehidupan pribadi penuh dengan kecerdasan.

Flow bisa lebih muda terealisasi manakala siswa mengalami kesenangan serius (Serious Fun). Pembelajaran aktif yang menekan pada "kesenangan serius" dapat membantu siswa memusatkan perhatian, meningkatkan kesenangan belajar & mampu mengatur suasana agar pengalaman flow tetap terjadi.
Baca Selengkapnya - Apakah "Flow" itu?

Apakah Pembelajaran Aktif Itu?

Siswa belajar aktif ketika mereka secara terus-menerus terlibat secara mental & fisik. Dampak pembelajaran aktif adalah penuh semangat, hidup giat, berkesinambungan, kuat dan efektif.

Belajar aktif adalah seni dan cara ideal untuk mengaktifkan beragam indera, mendorong mengekspresikan makna, membangun rasa percaya diri, antusiasme belajar & menguatkan kemampuan dasar kecerdasan (kognitif, emosional atensi dan motorik). Dalam pembelajaran aktif siswa benar-benar merasa terlibat & menjadi bagian dari proses pembelajaran. Setiap pelajaran menyediakan ide-ide untuk menambah langkah-langkah yang bisa diadaptasikan.

Merubah model kerja dari metode tertentu ke strategi-strategi jitu adalah cara baru untuk meragamkan langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran. Belajar aktif melibatkan sesi awal, yaitu rencana & tujuan pembelajaran yang terukur serta sesi akhir yang disebut refleksi untuk mengukur ketercapaian tujuan, apakah siswa benar-benar mengalami "Flow" selama pelajaran berlangsung. Tahapan dalam proses pembelajaran aktif adalah tahapan yang bisa menciptakan "Flow", siswa mengerti & mengacu pada tujuan, mampu membenamkan diri dalam kegiatan belajar, menaruh perhatian pada peristiwa yang terjadi & belajar menikmati pengalaman baru.
Baca Selengkapnya - Apakah Pembelajaran Aktif Itu?